Blogsite Ummu Yahya Al Atsariyyah

Dakwah Salafiyah Dakwah Wasathiyah

Penerapan Hukum Cadar oleh Syaikh Al Albani

Posted by Ummu Yahya Al Atsariyyah pada 28 Oktober 2009

Penerapan Hukum Cadar oleh Syaikh Al Albani

Asy Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah dikenal sebagai satu di antara ulama yang berpendapat bahwa memakai cadar atau menutup wajah bagi perempuan hukumnya sunnah, tidak sampai pada hukum wajib. Hal ini diterangkan oleh beliau dalam bukunya “Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah fi Al Kitab wa As Sunnah” dan “Radd Al Mufhim”.

Tetapi Syaikh Al Albani juga menulis dalam muqaddimah buku “Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah fi Al Kitab wa As Sunnah” sebuah faidah sebagai berikut:

“Meskipun demikian, kami tetap mengingatkan para perempuan mu’minah bahwa sekalipun membuka wajah diperbolehkan, tetapi menutupnya lebih utama. Kami telah membuat pasal khusus yang membahas masalah ini pada halaman 104. Dengan demikian, kami benar-benar telah menunaikan amanat. Kami telah menjelaskan apa yang menjadi kewajiban bagi seorang wanita dan mana yang baik untuk dilakukannya. Barangsiapa melaksanakan kewajiban tersebut, maka dia akan mendapatkan balasan kebaikan; dan barangsiapa melakukan yang lebih baik dari itu, maka tentu itu lebih utama. Begitulah yang saya terapkan kepada istri saya. Saya berharap semoga Allah memberi taufiq kepada saya untuk menerapkan hal serupa kepada putri-putri saya ketika mereka telah mencapai usia baligh kelak, atau malah sebelumnya.”

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
